Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 4 BENGKALIS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/II (Genap)
Jenis Teks : Transaksional
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar . Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima, yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah.
Indikator 1. Mengidentifikasi makna tindak tutur membujuk/mendorong semangat.
2. Merespon tindak tutur membujuk/mendorong semangat.
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
Mengidentifikasi makna tindak tutur membujuk/mendorong semangat
Merespon tindak tutur membujuk/mendorong semangat.
2. Materi pembelajaran
Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan
A: would it be possible for you to...?
B: i’ll consider that...
A: don’t give up friend.. try again later.. i am sure that you can.
B: Thanks friend.
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Performance.
4. Langkah- langakah Pembelajaran
Pertemuan I
Building knowledge of the field (BKF)
• Kegiatan awal
Introduction
Attandance
List absensi
Motivasi
• Kegiatan Inti
Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui CD/kaset secara klasikal.
Mendiskusikan tindak tutur yang di dalam percakapan yang di dengar secara berpasangan .
Mendiskusikan respon yang di berikan terhadap tindak tutur yang di dengar.
Secara berpasangan berlatih menggunakan tindak tutur dan responnya.
• Kegiatan Akhir
Memberi kesimpulan tentang materi yang di berikan
Memberi tugas/pekerjaan rumah pada siswa
Pertemuan II
Modeling of teks (MT)
• Kegiatan Awal
Greeting
Absensi
Motivasi
Review
• Kegiatan inti
Menjawab pertanyaan
Memberi respon
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
• Kegiatan akhir
Memberi kesimpulan tentang materi yang di berikan
Memberi tugas/pekerjaan rumah kepada siswa
Pertemuan III
Join construction of teaching (JCT)
• Kegiatan awal
Review
Greeting
Absensi
Motivasi
• Kegiatan inti
Membuat dialog terkait materi secara kelompok
Bermain peran berdasarkan dialog-dialog yang di buat di depan kelas
• Kegiatan akhir
Memberi kesimpulan tentang materi yang di berikan
Memberi tugas/pekerjaan rumah pada siswa
Pertemuan IV
Individual construction of teaching (ICT)
• Kegiatan awal
Greeting
Absensi
Motivasi
Review
• Kegiatan inti
Bermain peran berdasarkan materi
Membuat dialog di depan secara perorangan di depan kelas
• Kegiatan akhir
Memberi kesimpulan tentang materi yang di berikan
Memberikan tugas/pekerjaan rumah pada siswa.
5. Sumber belajar
Buku bahasa inggris yang relevan
CD/Kaset
Benda-benda sekitar tampak/tidak tampak
Realia (imajinasi)
6. Penilaian
Teknik → tes lisan/tulisan
Bentuk → tanya jawab/essay/orally
Instrument → siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan
Mengetahui
Kepala Sekolah
RAHMAT. S,Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar